Kamis, 01 Oktober 2009

BERTERNAK MENJANJIKAN PELUANG BISNIS

Usaha dan pengembangan peternakan saat ini menunjukkan prospek yang sangat cerah dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi pertanian. Sebagian besar masyarakat dunia mengakui bahwa produk – produk peternakan memegang peranan yang sangat penting dimasa yang akan datang.
Ada enam factor yang mendukung dunia peternakan untuk selalu berkelanjutan & menjanjikan peluang bisnis, sbb :
1. Dunia peternakan merupakan sumber pendapatan & sumber lapangan kerja.
2. Dalam siklus kehidupan, ternak berperan bagi kesuburan dan konservasi tanah serta konservasi air.
3. Kebutuhan pangan meningkat sejalan dengan kecepatan pertumbuhan populasi manusia.
4. Produk pangan asal ternak mempunyai nilai gizi yang berkualitas
5. Ternak mempunyai kemampuan untuk mengubah bahan pakan menjadi produk pangan untuk manusia.
6. Ternak merupakan sumber protein dan Energi.
Alasan bahwa berternak dapat menjanjikan peluang bisnis adalah :
A. Kebutuhan Hasil Ternak Tinggi.
Fungsi terbesar produk peternakan adalah menyediakan protein, energi, vitamin, dan mineral untuk melengkapi hasil – hasil pertanian.
Produksi peternakan seperti, daging, telur, dan susu memungkinkan untuk dijadikan produk olahan pangan sehingga menjadikan menu manusia lebih bervariasi.
Kebutuhan akan bahan pangan khususnya yang berasal dari hasil peternakan dari tahun ke tahun selalu meningkat sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, tingkat pendidikan, dan kesadaran masyarakat akan peranan zat – zat makanan khususnya protein bagi kehidupan.
B. Suplai Hasil Ternak Rendah
Produk peternakan seperti, daging, susu & telur secara nasional belum mampu memenuhi seluruh konsumsi nasional, baik untuk keperluan konsumsi masyarakat maupun keperluan industri pengolahan produk hasil – hasil peternakan. Dengan demikian, dunia peternakan memungkinkan terus berkembang dan maju, yang ditunjukkan dengan pertumbuhan populasi ternak yang ada di Indonesia.
C. Ketersediaan Bahan Pangan
Pakan utama ternak adalah hijauan & biji – bijian. Biji- bijian digunakan sebagai bahan baku utama konsentrat dan ketersediaan bahan – bahan ini masih banyak terdapat di sini yang didapat dari limbah pertanian, limbah perkebunan, serta hasil ikutan dari industri pertanian.
Sehingga untuk ketersediaan pakan untuk ternak akan selalu tersedia sepanjang tahun, asal kita mau berusaha kreatif dalam menciptakan pakan.
D. Penyebaran Ternak di Indonesia
Sebagian besar peternakan di Indonesia merupakan peternakan Rakyat, hanya sebagian kecil saja yang merupakan peternakan besar. Dari data statistic penyebaran peternakan di Indonesia masih belum merata, sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia masih terbuka lebar dan ini menjadi Peluang Bisnis yang baik jika ditangani dengan serius.
Oleh karena itu, kami CV. Mitra Sumber Berkah Rezeki sebagai lembaga yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat peternak baik disisi produksi, pembibitan, pembesaran & pemasaran, akan melakukan pengembangan peternakan dengan menawarkan system kerja kemitraan melalui usaha beternak domba kambing, berternak ayam potong, & budi daya lele.
Adapun keuntungan dalam kemitraan ini diperhitungkan berdasarkan banyaknya SAHAM / modal yang diinvestasikan ( bagi hasil ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar